Ads 468x60px

Sabtu, 24 September 2011

Di balik Kesuksesan Android


Ketika meeting baru mulai dan Andy siap memaparkan apa itu android, Vic langsung menyela dengan skeptis, dengan pertanyaan:
“Andy, apa dunia ini benar masih butuh mobile operating system lain?”
Usaha google adalah di mesin pencari dan iklan, dan mesin pencari google sudah ada disetiap smartphone. Saat itu di dunia sudah ada banyak operating system, ada Windows Mobile, ada Blackberry, ada Symbian , dan ada rajanya smartphone, Apple dengan iPhone or iOS nya, belum lagi operating system kecil lain .
Dan Andy menjelaskan demikian, ada 2 point utama kenapa android harus dibuat.
Point pertama.
Saat ini kita sedang kritis, dan butuh sebuah operating system yang free dan terbuka (open source) supaya setiap developer bisa bebas berinovasi di setiap level di dalamnya.
Dengan cara ini para pembuat handset atau vendor bisa membuat handset sesuai keinginannya, boleh layar 2″, 3″ atau 4″.

Boleh pakai keyboard, boleh tidak., boleh ada kamera depan atau tidak…
Dan nanti semua operator bisa ikut bergabung bersama sesuai kemampuan mereka, boleh 2G, 3G, 4G, LTE, Wimax, boleh CDMA boleh GSM dll.
Akhirnya nanti adalah konsumen yang diuntungkan, mereka bisa menentukan sendiri handset smartphone android mana yang terbaik menurut mereka, sesuai kebutuhan, kemampuan dan operator yang mejadi pilihan mereka.
( dan begitulah dasar dari android yang ada sekarang, dalam usia masuk 2 tahun, android ada di berbagai merk, ada yg murah , ada yang mahal, ada yg layar 2 inch, 3″ , 4″ bahkan 5″ dan 7″, ada yang kecepatan prosesornya 300Mhz, ada yang 1Ghz, dan ada yang lebih dari itu , ada yang berkeyboard, ada yang berlayar sentuh kapasitif, resistif, berkamera depan, berkamera 3MP, 5MP, 8MP dll, juga dengan berbagai dukungan operator berbeda-beda, android fit di dalamnya.)
Point ke 2.
Andy menambahkan point ke 2.Karena kini google adalah raksasa IT, google punya kemampuan.Kalau google diam saja, maka dunia akan menghadapi Draconian Future ( draconian future mengacu kepada jaman Yunani ketika seorang bernama Draco menjadi pengatur hukum disana, dimana pelanggaran kecil saja mendapat hukuman yang berat)— masa depan yang “sulit” dimana nanti di depan hanya akan ada:
1 Orang , 1 Perusahaan, 1 Operating System dan 1 Operator saja yang bisa jadi pilihan konsumen…
That’s the future we don’t want …??? (dan sekarang yg baca bertanya-tanya siapa yang dimaksud oleh Andy Rubin sebagai 1 penguasa? , kuncinya adalah tahun 1984  ).
Pembicaraan ditutup dengan kata2 ini. Jadi jika kita adalah orang yang, percaya akan. Keterbukaan, percaya akan Pilihan dan percaya akan Inovasi yang bisa dilakukan semua orang
Selamat datang di Android!