Ads 468x60px

Sabtu, 24 November 2012

Laptop segera tergeser oleh tablet

Laptop segera tergeser oleh tablet
Tablet semakin mendapat tempat pada pengguna produk IT. Bahkan analis memperkirakan konsumen akan lebih memilih membeli tablet dibandingkan laptop pada akhir tahun ini.

Firma riset NPD memperkirakan pada akhir kuartal empat 2012 penjualan tablet akan melebihi total penjualan laptop. Semakin murahnya harga tablet dengan brand ternama serta musim liburan yang panjang di Eropa dan Amerika menjadi faktor penyebabnya. Pada awal 2013 NPD memperkirakan penjualan tablet sebesar 80 juta unit sedangkan laptop hanya terjual 63,8 juta unit.

Perkiraan NPD ternyata juga diamini firma riset lain. Forrester Research juga berpendapat bahwa tablet akan segera mengambilalih dalam hal penjualan. Mereka memperkirakan 760 juta tablet akan terjual hingga 2016, hal ini membuatnya menjadi perangkat terpopuler mengalahkan laptop.

Penjualan tablet mulai menanjak semenjak debut iPad. Tablet dari Apple tersebut secara signifikan bertambah seiring waktu dengan pertumbuhan yang luar biasa. Menyusul iPad, berbagai tablet Android muncul dipasaran, umumnya mereka menawarkan harga yang terjangkau.

Munculnya tablet Android murah, memaksa berbagai brand ternama lain juga menurunkan harga jual mereka. Hal ini semakin menambah pilihan tablet murah pada konsumen.